Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online – Bisnis online semakin populer di kalangan pelaku bisnis itu sendiri, bahkan merambah ke kaum mahasiswa dan masyarakat umum.

Para pelaku bisnis online akan menawarkan sejumlah produk dengan kelebihan dibanding dengan toko konvensional, dari mulai diskon hingga kemudahan berbelanja.

Maka tak heran saat ini banyak para pebisnis besar yang membuat toko online dengan basis e-commerce.

Mungkin anda adalah salah satu orang yang hobi berbelanja online, pastikan terhindar dari kasus penipuan online yang kerap mengundang kerugian secara materiil.

Belum tentu semua toko memberikan pelayanan pelanggan yang baik, sehingga tidak sedikit konsumen yang menuai komplain di media massa.

Setidaknya anda memahami jenis toko online dan mengerti sistem manajemen di dalamnya. Berikut tips yang dapat kami sajikan.

Cara Mengindari Penipuan Online

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online

1. Menggunakan Fasilitas Rekening Bersama

Tidak jarang para pelaku bisnis yang mengandalkan transaksi online dengan sistem transfer rekening pribadi, sehingga memungkinkan korban penipuan yang dilakukannya.

Oleh sebab itu, metode yang tergolong ampuh untuk menghindari penipuan online adalah menerapkan rekening bersama.

Dimana sistem rekening bersama ialah perantara yang akan mencairkan uang yang anda bayarkan kepada penjual, jika barang telah sampai ke tangan anda sendiri.

2. Meminta Nomor Resi Pengiriman

Biasanya barang yang anda beli harus dikirimkan melalui agen atau jasa pengiriman barang jika siste COD tidak memungkinkan.

Untuk meminta nomor resi pengiriman setiap kali, anda telah melakukan transaksi online atas barang atau produk dikirim dengan agen.

Dengan nomor resi anda dapat melakukan tracking dari barang yang anda pesan. Jadi, cara ini akan meminimalkan resiko terjadinya penipuan online.

3. Mengetahui Identitas dan Reputasi Penjual

Ada baiknya anda mengetahui identitas dan reputasi penjual agar terhindar dari maraknya penipuan online.

Meskipun demikian, banyak penipu yang menggunakan identitas palsu yang mengatasnamakan toko online besar.

Tips satu-satunya adalah jangan mudah percaya dengan identitas penjual dan lakukan cross-check identitas si penjual tersebut.

Ada baiknya mencari moderator lain mengenai identitas dan reputasi penjual.

4. Jangan Mudah Tergiur Diskon dan Promo

Kebanyakan pembeli pasti akan memilih toko online yang banyak menawarkan diskon maupun promo produk agar uang yang dikeluarkan lebih sedikit.

Namun jika toko online tersebut memberikan harga jual yang miring darpada harga pasaran sebenarnya, perlu diperhatikan betul.

Bisa jadi hal tersebut adalah kedok dari si penjual untuk melakukan penipuan secara online. Periksa kembali harga resmi dari barang yang anda inginkan.

5. Mengutamakan COD

Sistem COD atau Cash On Dilivery merupakan cara yang paling meyakinkan untuk menghindari penipuan onlie.

Pasalnya dengan melakukan COD, anda dapat memerikas barang yang akan dibeli sekaligus memastikan barang tersebut sesuai dengan keinginan atau sebaliknya.

Meskipun sistem COD perlu perjuangan lebih karena harus bertemu dahulu dengan penjual.

Ide bisnis lainnya:

Mulai sekarang anda perlu waspada dari jual beli online, karena tidak sedikit orang jahat yang berkeliaran melalui media internet. Untuk itu, terapkan tips di atas agar terhindar dari penipuan online.